Minggu, 19 Januari 2020

Mengawali 2020, FDI Gelar Silaturahmi dan Rapat Koordinasi di UIN Syarif Hidayatullah

Peserta Silaturahmi dan Rapat Koordinasi FDI di Kampus UIN Syarif Hidayatullah

Forum Dosen Indonesia menggelar silaturahmi bersama Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta yang dilanjutkan dengan rapat koordinasi antara DPP dengan DPD yang dihadiri oleh perwakilan Jakarta, Banten, dan Papua Barat, di Kampus UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan (13/1).

Dekan FSH UIN Ahmad Tholabi memberikan apresiasi yang tinggi kepada FDI yang telah memilih fakultasnya sebagai tempat silaturahmi dan berharap ada kemitraan jangka panjang antara kedua pihak terutama dalam peningkatan kualitas jurnal yang saat ini telah terakreditasi Sinta 2.

"Saat ini fakultas kami sangat serius untuk meningkatkan publikasi dosen yang salah satunya menggelar konferensi internasional," kata Ahmad Tholabi.

Sementara itu, Ketua Umum FDI Irmawati Sagala yang pagi harinya ujian promosi doktor di Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta menyampaikan bahwa FDI hadir tidak untuk bersaing dengan organisasi dosen lainnya, akan tetapi untuk mengisi "ruang kosong" yang tidak dilakukan organisasi lainnya.

"Kehadiran FDI diharapkan dapat menjangkau para dosen di daerah guna peningkatkan kapasitas akademik dan non-akademik," jelas Irma yang baru saja diangkat sebagai Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan UIN Sultan Thaha Saifuddin, Jambi.

Penyerahan kenang-kenangan dari Dekan FSH UIN Syarif Hidayatullah Ahmad Tholabi kepada Dewan Penasihat FDI yang juga Rektor ISBI Bandung Een Herdiani
Rapat koordinasi menyepakati beberapa hal seperti penerbitan buku antologi FDI tentang Indonesia yang ditinjau dari berbagai sudut keilmuan anggota FDI. Tim kecilnya telah terbentuk, yaitu Yanuardi Syukur (koordinator), Ismail Suardi Wekke, Sukmawati Saleh, dan Umi Musyarrofah.

"Tim akan membuat info “call for book chapter” berikut ketentuan penulisan, timeline kegiatan (pengumpulan naskah, editing, dan penerbitan), dan bukunya rencana akan diluncurkan di Kampus ISBI Bandung, 24 Agustus 2020 saat HUT FDI," jelas Yanuardi Syukur yang juga Sekjen FDI.

Kemudian, disepakati juga Workshop “Content Writer” dan “Blended Learning” pada 10 Februari 2020 di Jakarta yang ditangani oleh Djadja Sardjana dan Rinda Cahyana.

Selain itu juga disepakati adanya Konferensi Internasional FDI Papua Barat di Sorong, 25-27 Februari 2020 dengan koordinator Ismail Suardi Wekke.

Audiensi dengan Mendikbud Nadiem Makarim terkait rangkaian HUT FDI juga menjadi kesepakatan forum, yang ditangani oleh H. Lebba dan Ade Rina F. dari FDI Jakarta

Kebutuhan akan akreditasi profesi dosen juga disepakati yang akan dimulai dengan audiensi dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk persiapan Sertifikasi Menulis untuk Dosen dan Sertifikasi Public Speaking untuk Dosen. Koordinatornya Een Herdiani dan Irma Sagala.

Tangkapan gambar video conference agar rapat dapat diikuti oleh anggota FDI lainnya
FDI juga diharapkan aktif memberikan saran, masukan, dan kritikan pada kebijakan pemerintah dalam pendidikan. Maka, disepakati "Outlook Pendidikan Indonesia" semester I sebagai analisis terhadap kebijakan pemerintah berbentuk video direkam di Bandung yang ditangani oleh Djadja Sardjana dan Ismail Suardi Wekke.

FDI juga menjajaki kerjasama konferensi dengan Universitas Prof. Dr. Moestopo (beragama) yang dikoordinatori oleh Ismail Suardi Wekke dan Rully Nasrullah.

Kemudian, dalam hal publikasi poster FDI, juga disepakati tim dari ISBI Bandung untuk mengusahakan seorang desainer di bawah koordinator Sukmawati Saleh.

Beberapa peserta rapat yang hadir penuh antusias

Hal terakhir yang penting juga dalam karier dosen adalah publikasi jurnal internasional. Forum menyepakati adanya program pendampingan penulisan jurnal internasional yang akan didiskusikan selanjutnya.

Silaturahmi dan Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Irma Sagala, Yanuardi Syukur, Ismail Suardi Wekke, Khamami Zada, Ustadz H. Lebba, Muh. Nur, Djadja Sardjana, Sukmawati Saleh, Latifah, Een Herdiani, Syahrul Adam, Umi Musyarrofah, Ade Rina, F., Wati Nilamsari, Nurul Hidayati, Ahmad Tholabi Kharlie (Dekan FSH), dan Muhamad Maksum (Wadek II). [ys]

Agenda ke Depan

Agenda ke Depan