Minggu, 19 Januari 2020

Studi Kesultanan Jambi, Irmawati Sagala Raih Doktor dari UIN Syarif Hidayatullah


Dr. Irmawati Sagala
Ketua Umum DPP Forum Dosen Indonesia Irmawati Sagala meraih gelar doktor dalam bidang ilmu agama dan politik pada Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan (13/1).

Irma menyelesaikan doktornya dengan disertasi berjudul "Islam dan Adat dalam Sistem Pemerintahan Jambi masa Kesultanan dan Kolonial pada tahun 1855-1945" di bawah promotor Prof. M. Atho Muzhar dan copromotor Prof. Iik Arifin Mansurnoor.

Hadir dalam promosi doktor tersebut Rektor UIN Jambi Prof. Su'aidi Asy'ari dan kolega dari FDI.

Sepuluh hari sebelumnya, pengurus FDI Bidang Pendidikan dan Pengajaran Dr. Yanti Mulia Roza dari IAIN Batusangkar juga menamatkan S3 dari UIN Syahid.

Dalam menulis disertasinya, Irma Sagala tidak hanya berkutat pada naskah primer di dalam negeri. Di sela-sela program doktor tersebut, perempuan penuh semangat tersebut juga melanjutkan studi master di Ecole des Hautes Etudes en Sciences Sociales (EHESS) Prancis.

Setahun menjelang kelulusannya, lulusan sarjana dari Universitas Andalas, Padang tersebut juga kembali ke Prancis, Belanda, dan beberapa negara Eropa lainnya untuk menuntaskan disertasinya.

Irma Sagala saat ujian terbuka

Suasana ujian promosi doktor Irmawati Sagala
Kegigihan Irma mengundang apresiasi dan inspirasi dari berbagai pihak. Hamli Syaifullah, pengajar Universitas Muhammadiyah Jakarta yang juga mahasiswa program doktor di kampus yang sama menulis di akun Facebooknya bahwa ia sangat termotivasi untuk mencari data dan menulis lebih serius.

Di FDI, Irma merupakan salah seorang founder lembaga ini. Di masa kepemimpinan Gatut Rubiono, ia menjabat sebagai Sekjen. Bahkan, di sela-sela menulis disertasi ia masih sempat mengajar Bahasa Prancis di FDI dengan penuh antusias.

Dua bulan menjelang promosi doktornya, Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia (JAS-PT) yang diterbitkan oleh FDI mendapatkan sertifikat sebagai jurnal terakreditasi Sinta 5 yang ditandatangani oleh Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan RISTEKDIKTI Dr. Muhammad Dimyati.

Tahniah untuk Doktor Irmawati Sagala! [ys]

Agenda ke Depan

Agenda ke Depan