Senin, 27 Januari 2020

Lebih Dekat dengan Ketua FDI Riau-Kepri Dr Junaidi

Dr. Junaidi (foto: FB Unilak)
Doktor Junaidi baru saja terpilih secara aklamasi sebagai ketua DPD FDI Riau-Kepri.

Junaidi lahir di Bangkinang, 2 Desember 1972. Menamatkan pendidikan sarjana dari Universitas Padjadjaran Bandung, master dari Universitas Gadjah Mada, dan doktor dari University of Malaya, Malaysia.

Pada 7 November 2019, Junaidi dilantik sebagai Rektor Universitas Lancang Kuning periode 2019-2023. Prosesi pelantikannya dilakukan oleh Ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji (Yasrah) Irwan Effendi di Aula Gedung Pustaka Unilak Jalan D.I. Panjaitan Rumbai, Pekanbaru.

Junaidi aktif dalam publikasi ilmiah. Artikelnya yang telah terbit diantaranya adalah "Praktik Etnomedisin dalam manuskrip obat-obatan tradisional Melayu", "Terrorism and multiculturalism issues in the frame of the mass media in Indonesia", "Islam dalam jagad pikir Melayu", dan lain sebagainya.

Adapun Unilak, tempat Doktor Junaidi mengabdi sebagai rektor, didirikan oleh Yayasan Raja Ali Haji pada 9 Juni 1982 yang diprakarsai oleh Pemerintah Provinsi Riau para tokoh masyarakat Riau.

Tujuan utamanya adalah membantu siswa-siswa yang saat itu tidak mampu ditampung oleh perguruan tinggi negeri yang ada di Riau serta yang tidak mempunyai biaya yang cukup untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi di luar Riau, sedangkan mereka memilih minat yang tinggi untuk lanjut studi.

Nama Lancang Kuning sendiri diambil dari jenis kapal komando dalam armada Kerajaan Melayu Riau. Sementara itu, yayasan yang menaunginya diambil dari nama pujangga masyhur dan negarawan, Raja Ali Haji. [ys]



Agenda ke Depan

Agenda ke Depan