Jumat, 04 Oktober 2019

JAS-PT Mengikuti Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditas Jurnal


Suasana Workshop Hari Pertama
Rabu hingga Jumat (2-4 Oktober) ini, JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) yang diterbitkan oleh Forum Dosen Indonesia (FDI) berkesempatan menjadi salah satu peserta kegiatan Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal Ilmiah Elektronik yang diselenggarakan oleh Dirjen Riset dan Pengembangan Kementerian Ristekdikti bekerjasama dengan Perkumpulan Pengelola Jurnal Ilmu Dakwah (PPJID) dan Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor. Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Sahira Butik Bogor ini diikuti oleh 40 pengelola jurnal dari perguruan tinggi berbagai provinsi di tanah air. Workshop dipandu oleh narasumber-narasumber berpengalaman yaitu Kasubdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah, Dr. Lukman, Kepala Seksi Jurnal Ilmiah Nasional, Yoga Dwi Aryanda, S.T., Ketua PPJID, Dr. Uwes Fatoni, M.Ag., dan beberapa orang osesor akreditasi jurnal nasional.
Dr. Lukman dalam sambutannya berharap agar para peserta dapat memanfaatkan secara optimal kegiatan selama tiga hari ini, karena didampingi langsung oleh asesor akreditasi jurnal nasional. “Setelah akreditasi, misalnya lolos Sinta 6, jangan khawatir, setelah satu tahun bisa reakreditasi dan naik peringkat di Sinta. Tidak sedikit yang dari Sinta 5 atau 6 jadi Sinta 2, bahkan ada yang naik Sinta 1,” ujar Lukman memotivasi. Untuk jurnal yang mendapat peringkat 2 Sinta disediakan reward 15 juta rupiah, dan peringkat 1 sebesar 50 juta rupiah, tahun ini ada 6 jurnal yang masuk Sinta 1, jadi kita sudah persiapkan hadiah sebesar 300 juta,” cerita Lukman.


Foto Bersama Peserta dan Pengelola Workshop

Seirama dengan Lukman, Dr. Uwes Fatoni, M.Ag, Editor in Chief Jurnal Ilmu Dakwah dan Ketua PPJID mengatakan bahwa reward dari Ristekdikti dalam usaha meraih akreditasi peringkat 1 atau 2 Sinta itu nyata. Sebagai contoh, jurnal yang dikelola oleh Dr. Uwes telah berhasil mendapatkan reward tersebut, dan juga mendapat hadiah dari kampusnya sendiri. Lebih lanjut, Dr. Uwes berharap bahwa peserta dapat sungguh-sungguh berusaha mengajukan akreditasi segera setelah kegiatan. “Jangan sia-siakan kesempatan ini, tahun depan belum tentu ada pendampingan dan percepatan akreditasi jurnal seperti ini," ujarnya. Panitia sendiri berharap agar seluruh jurnal peserta kegiatan bisa segera mengajukan akreditasi seminggu setelah kegiatan.
Pengelola JAS-PT yang dalam hal ini diwakili oleh pemimpin redaksi yang juga merupakan Ketua Umum Forum Dosen Indonesia (FDI), Irmawati Sagala, menilai kegiatan ini sangat bermanfaat guna persiapan pengajuan akreditasi JAS-PT. Irma berharap JAS-PT akan terakreditasi tahun ini sehingga bisa menjadi motivasi bagi pengelola jurnal-jurnal yang diterbitkan FDI lainnya untuk melakukan hal serupa. Terkait dengan persiapan akreditasi JAS-PT, Irma menargetkan usulan sudah bisa diajukan dalam seminggu ke depan. Untuk itu, tim redaksi akan melakukan rapat serta pengisian borang pada hari Sabtu-Minggu (5-6 Oktober) ini di Garut. JAS-PT menargetkan bisa masuk peringkat 3 Sinta.***


Agenda ke Depan