Jumat, 24 Maret 2017

WORKSHOP PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN OLEH FDI SULSEL DAN STIE AMKOP


Sejumlah dosen mengikuti Workshop Penulisan Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat sejak 21-22 Maret 2017. Pelatihan yang digelar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar ini diharapkan bisa meningkatkan minat menulis karya ilmiah di kalangan dosen. Para dosen menerima materi dari anggota Forum Dosen Indonesia (FDI) DPD Sulawesi Selatan, Andi Dirpan dan Marhamah Nadir.
"Kegiatan ini sengaja kami laksanakan untuk dosen agar minat mereka untuk meneliti dan menulis lebih meningkat. Apalagi teman teman FDI ikut memberi support untuk itu," ujar Asistent Direktur II Program Pascasarjana STIE AMKOP, Dr Gunawan Bata Ilyas, Rabu (22/3/2017). adapun salah satu materi yang dipaparkan yakni pengenalan aplikasi berbasis online bernama Mendeley, sebuah program untuk memudahkan proses penulisan daftar pustaka, kutipan literatur atau referensi tulisan ilmiah dari penelitian yang sudah ada. p
"Aplikasi Mendeley sangat berguna bagi peneliti yang ingin menulis hasil penelitiannya baik untuk daftar pustaka maupun untuk menghindari plagiarisme tulisan ilmiah," ujar Andi Dirpan, Dosen Ilmu Pertanian Universitas Hasanuddin itu. Menurutnya, saat ini dosen telah banyak dituntut untuk menulis kemudian mempublikasikan hasil penelitiannya. Dengan aplikasi ini, kata dia, maka proses penulisan referensi dan literatur tidak dilakukan secara manual lagi. 
Sementara itu, Marhamah Nadir yang membawakan materi teknik penulisan proposal itu meminta kepada para dosen agar tidak menghabiskan waktu hanya untuk mengajar. Namun harus dibarengi dengan melakukan penelitian-penelitian? dan tidak hentihentinya untuk menulis. "Jangan takut dan ragu, banyak kok sumber pendanaan yang bisa kita manfaatkan, baik oleh dosen PTN maupun PTS," kata Marhamah Nadir yang juga ketua II FDI Sulsel.  


sumber: edukasi.rakyatku.com

Agenda ke Depan