Kamis, 20 September 2018

Persiapan Konferensi Internasional: International Conference on Frontiers in Environment and Marine Studies (ICFEMS)


oleh: DPD FDI Papua Barat 


November mendatang, Forum Dosen Indonesia DPD Papua Barat akan melaksanakan International Conference on Frontiers in Environment and Marine Studies (ICFEMS). Pelaksanaan ICFEMS akan bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Sorong, Papua Barat.

Ismail Suardi Wekke, Tim Formateur FDI DPD Papua Barat menyatakan bahwa pelaksanaan ICFEMS sekaligus sebagai pengukuhan FDI DPD Papua Barat. Sementara pelaksanaan konferensi akan didukung oleh Universiti Sains Malaysia dan Universiti Teknikal Malaysia Melaka. Kedua dosen perguruan tinggi tersebut disamping sebagai pembicara utama juga sebagai komite saintifik.

Konferensi akan dilaksanakan di dua tempat secara parallel, Kota Sorong dan Misool. Kegiatan di Misool sebagai bagian dari kegiatan konferensi dengan fokus pada pengabdian masyarakat. Selama di Misool, peserta akan melaksanakan rangkaian pengabdian masyarakat berupa amal bakti desa, penyuluhan, dan turut mengajar di sekolah menengah.

Secara khusus, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sorong akan menjadi pendamping dalam penguatan sekolah-sekolah menengah di Misool. Tidak hanya dengan kegiatan turut mengajar tetapi juga melakukan pendampingan dalam rangka peningkatan kualitas sekolah dan madrasah. Sejak tahun lalu, FKIP UM Sorong sudah memulai program-program untuk peningkatan kualitas sekolah.

Zakiyah Anwar, M.Pd., Dekan FKIP UM Sorong menyampaikan bahwa kegiatan ini diikhtiarkan untuk menjadi kolaborasi dan sinergi pengembangan pendidikan Papua. Sebagai salah satu fakultas keguruan yang ada di Tanah Papua, FKIP UM Sorong turut serta untuk menjadi pilar pengembangan pendidikan Papua. “Untuk itu, kegiatan ini menjadi instrument dalam pengembangan pendidikan tersebut” turut Zakiyah Anwar.

Agenda ke Depan