Rabu, 14 Desember 2016

SEMINAR NASIONAL II DAN RAPAT KERJA; FDI Tetapkan Tiga Program Unggulan di 2017

Seminar nasional dan rapat kerja tahun 2016 Forum Dosen Indonesia (FDI) telah selesai dilaksanakan pada tanggal 8-9 Desember 2016 lalu. Seminar nasional yang merupakan agenda tahunan FDI dilaksanakan pada hari pertama bertempat di aula Fakultas Teknik kampus III Universitas Widyagama Malang, dengan tema “Rekonstruksi Peradaban Nusantara, Menghidupkan Kejayaan Majapahit”. Acara yang dihadiri sekitar 80 orang peserta dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia tersebut dibuka oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Ir. Sukamto, MS dan dihadiri juga oleh Dirjen Belmawa Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi, Prof. Intan Ahmad, Ph.D.
Tampil sebagai pembicara utama seminar yaitu Dr. Hj. Een Herdiani, S. Sen, M. Hum  dari Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Dr. I Gde Nyoman Merthayasa  dan Institut Teknologi Bandung dan Dr. Titik Inayati, SE., MM. dari Universitas Islam Majapahit Mojokerto. Setelah istirahat siang, sesi seminar dilanjutkan dengan presentasi 75 makalah yang lolos seleksi dari total 91 naskah yang masuk. Keseluruhan naskah yang lolos diterbitkan dalam prosiding ber-ISSN dan dipublikasikan secara online pada website FDI. Kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan semangat dosen-dosen di Indonesia dalam menulis karya ilmiah serta memasilitasi publikasinya.
Foto bersama pada penutupan kegiatan seminar

Adapun rapat kerja dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 9 Desember di Padepokan Mangun Dharma Kecamatan Tumpang, asuhan Ki Sholeh. Rapat kerja dihadiri oleh 31 orang peserta dari 8 kepengurusan daerah yaitu Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Barat. Sementara itu, 3 daerah yaitu Banten, Sulawesi Tenggara dan Papua, tidak mengirim utusan dikarenakan kendala jarak dan kepadatan agenda akhir tahun di beberapa kampus. Sampai saat ini, FDI sudah memiliki 11 kepengurusan daerah (DPD) dan dalam waktu dekat akan diresmikan 3 kepengurusan daerah baru yaitu Sulawesi Barat, Bengkulu dan Sulawesi Tengah. Sepanjang tahun 2017 mendatang, FDI menargetkan sudah memiliki cabang di 17 provinsi, atau 50 % dari total provinsi di Indonesia. Oleh karena itu, mulai tahun 2017 mendatang, FDI akan meningkatan sosialisasi serta memperbarui mekanisme keanggotaan.
Suasana Rapat Kerja

Dalam raker dibahas beberapa agenda unggulan, yaitu:
1.    Konferensi internasional yang akan dilaksanakan di Makassar pada bulan Agustus tahun 2017 dengan tema kemaritiman.
2.    Penerbitan jurnal meliputi:
a.       Jurnal yang dikelola pengurus pusat dengan bidang bahasan terkait pendidikan tinggi dan keprofesian dosen (jounal on higher education).
b.      Jurnal yang dikelola pengurus daerah dengan bidang kajian keilmuan spesifik sesuai dengan karakter dan potensi daerah terkait.
3.    Optimalisasi website FDI untuk mendukung profesionalisme dan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, meliputi kegiatan:
a.       Kuliah bulanan online tentang keprofesian dosen meliputi tema sosialisasi peraturan perundang-undangan terkait, sistem penjaminan mutu, sertifikasi dan kepangkatan, metode pembelajaran dan lainnya. Kuliah diampu oleh anggota FDI yang berkompeten dan dapat diikuti oleh dosen-dosen yang berminat.
b.      Pertukaran dosen tamu, yaitu anggota FDI memberikan kuliah secara online di kampus lain sesuai bidang keilmuan sebagai upaya pertukaran atmosfir akademik dan keilmuan antar perguruan tinggi.

c.       Kolom konsultasi seputar pendidikan tinggi dan profesi dosen.
Pada kesempatan rapat kerja ini juga, dibicarakan persiapan suksesi kepengurusan beberapa daerah serta koordinasi agenda daerah-daerah untuk tahun 2017. Masing-masing daerah akan melaksanakan kegiatan-kegiatan berbeda dan mendorong terjalinnya kolaborasi dosen lintas perguruan tinggi dan lintas daerah. Selain agenda-agenda tersebut, juga dibahas upaya peningkatan kerja sama dengan Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi serta kementerian lain yang memayungi perguruan tinggi, dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan tinggi di tanah air.
Untuk itu, pengurus berharap peran aktif seluruh anggota dalam pelaksanaan agenda-agenda FDI sehingga keberadaan FDI dirasakan manfaatnya secara luas oleh civitas akademika perguruan tinggi di Indonesia. Informasi lebih lanjut seputar organisasi dan kegiatan FDI dapat diakses melalui website www.fdi.or.id atau kontak pengurus melalui email sekretariat[at]fdi.or.id.   

Agenda ke Depan